Kasidah “Al Burdah”
Demikian, suku-bangsa Barbar di Afrika Utara memiliki peradaban dan kebudayaan yang tinggi. Sejak zaman Mesir Kuno yang diabadikan melalui kisah Firaun dalam Al Quran, tapi orang orang suku-bangsa Eropa, terutama Romawi, sering menulis dengan cara merendahkan.
Sebuah kasidah yang terkenal sejak zaman Rasulullah saw adalah Al Burdah. Kasidah ini terus mengalami gubahan gubahan bervariasi. Mbah Maemun Zubeir adalah di antara ulama yang mampu menggubahmya karena memiliki kedalaman rasa dan bahasa Arab yang tinggi. Kemampuan membuat syair Mbah Maemun Zubeir ini kini menurun pada sosok menantunya, Gus Anam (KH Zahrul Anam), Leler, Banyumas.
Di tangan Mbah Maemun, Kasidah Al Burdah karya Al Bushiri ditambah empat bait dari yang semula berjumlah 24 bait. Sehingga berjumlah 28 bait.
Nama lengkap Al Bushiri (610-695H/1213-1296 M) adalah Syarafuddin Abu Abdillah Muhammad bin Zaid Al Bushiri. Ia banyak menulis karya berupa syair diantaranya Kasidah Al Madhariyah dan Al Hamziyah.
Al Bushiri adalah salah satu ulama keturunan Barbar selain Ibnu Khaldun (1332-1406 Masehi). Ia lahir di Dallas, Maroko, murid Imam Abu Al Hasan Al Syadzili dan Syekh Abu Al Abbas Al Mursi (keduanya pendiri dan murid thariqah Al Syadziliyah). Sejak kecil, Al Bushiri belajar Al Quran kepada ayahnya sendiri dan pengamal fiqh Mazhab Syafi’i yang ketat.
Mbah Maemun Zubeir setelah selesai menambahkan bait bait syair Al Burdahnya, ketika berkunjung ke Mesir, ia membacakan karyanya di depan maqbarah Al Bushiri di Iskandariah, Mesir.
Menurut Mbah Maemun Zubeir, ada suku-bangsa Barbar yang masuk Islam dan ada yang menghindar. Orang orang suku-bangsa barbar yang masuk islam itu bisa berbahasa Arab, sedangkan yang lari masih menggunakan bahasa Barbari sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.
يا بربري يا بربري
Ya Barbari Ya Barbari.
Kasidah Al-Bushiri atau terkenal juga dengan sebutan ‘Al Muhammadiyah ” yang berjumlah 28 bait adalah sebagai berikut:
مُحَمَّدٌ أَشْرَفُ الْأَعْرَابِ وَالْعَجَمِ * مُحَمَّدٌ صَادِقُ الْأَفْعَالِ وَالْكَلِمِ
مُحَمَّدٌ بَاسِطُ الْمَعْرُوْفِ جَامِعُهُ * مُحَمَّدٌ صَاحِبُ الْإِحْسَانِ وَالْكَرَمِ
مُحَمَّدٌ تَاجُ رُسْلِ اللهِ قَاطِبَةً * مُحَمَّدٌ خَيْرُ مَنْ يَمْشِـيْ عَلَى قَدَمِ
مُحَمَّدٌ ثَابِتُ الْمِيْثَاقِ حَافِظُهُ * مُحَمَّدٌ طَيِّبُ الْأَخْلَاقِ وَالشِّيَمِ
مُحَمَّدٌ جُبِلَتْ بِالنُّوْرِ طِيْنَتُهُ * مُحَمَّدٌ لَمْ يَزَلْ نُوْرًا مِنَ الْقِدَمِ
مُحَمَّدٌ حَائِزُ الْفَضْلِ بِأَجْمَعِهِ * مُحَمَّدٌ فَاقَ كُلَّ النَّاسِ كُلِّهِمِ
مُحَمَّدٌ خَيْرُ خَلْقِ اللهِ مِنْ مُضَـرِ * مُحَمَّدٌ خَيْرُ رُسْلِ اللهِ كُلِّهِمِ
مُحَمَّدٌ دِيْنُهُ حَقٌّ نَدِيْنُ بِهِ * مُحَمَّدٌ دَانَ كُلُّ الْعُرْبِ وَالْعَجَمِ
مُحَمَّدٌ ذِكْرُهُ رَوْحٌ لِأَنْفُسِنَا * مُحَمَّدٌ شُكْرُهُ فَرْضٌ عَلَى الْأُمَمِ
مُحَمَّدٌ رَافِعٌ شَأْنًا وَمَنْزِلَةً * مُحَمَّدٌ أَصْلُ خَلْقِ اللهِ مِنْ عَدَمِ
مُحَمَّدٌ زِيْنَةُ الدُّنْيَا وَبَهْجَتُهَا * مُحَمَّدٌ كَاشِفُ الْغَمَّاتِ وَالظُّلَمِ
مُحَمَّدٌ سَيِّدٌ طَابَتْ مَنَاقِبُهُ * مُحَمَّدٌ صَاغَهُ الرَّحْمٰنُ مِنْ كَرَمِ
مُحَمَّدٌ شَرَّفَ الْبَارِيْ مَرَاتِبَهُ * مُحَمَّدٌ خَصَّهُ الرَّحْمٰنُ بِالنِّعَمِ
مُحَمَّدٌ صَفْوَةُ الْبَارِيْ وَخِيْرَتُهُ * مُحَمَّدٌ طَاهِرٌ مِنْ سَائِرِ التُّهَمِ
مُحَمَّدٌ ضَيْفُ رَبِّ الْعَرْشِ تَكْرِمَةً * مُحَمَّدٌ قَلْبُهُ وَاللهِ لَمْ يَنَمِ
مُحَمَّدٌ طَابَتِ الدُّنْيا بِمَبْعَثِهِ * مُحَمَّدٌ جَاءَ بِاْلآيَاتِ وَالْحِكَمِ
مُحَمَّدٌ ظَهَرَتْ حُكْمًا عَدَالَتُهُ * مُحَمَّدٌ لَمْ يَزَلْ فِيْ الْمَجْدِ وَالْعِظَمِ
مُحَمَّدٌ عَيْنُهُ بِحُمْرَةٍ شُرِّبَتْ * مُحَمَّدٌ بَارِئٌ مِنْ سَائِرِ الْوَهَمِ
مُحَمَّدٌ غَاثَ رَبُّنَا الْبِلَادَ بِهِ * مُحَمَّدٌ جَاءَتِ الْخِصْبَةُ فِيْ الْأُمَمِ
مُحَمَّدٌ فَازَ كُلُّ مَنْ يُصَلِّيْ عَلَيْهْ * مُحَمَّدٌ خَيْرُ مَنْ فِيْ الْكَوْنِ كُلِّهِمِ
مُحَمَّدٌ قَائِمٌ لِلهِ ذُوْ هِمَمِ * مُحَمَّدٌ خَاتِمٌ لِلرُّسْلِ كُلِّهِمِ
مُحَمَّدٌ كَاشِفُ الْغَمِّ وَكُرْبَتِنَا * مُحَمَّدٌ شَافِيْ كُلِّ الدَّاءِ وَالْوَصَمِ
مُحَمَّدٌ لَاحَ نُوْرُ بَدْرِ تِمٍّ بِهِ * مُحَمَّدٌ مَلْجَأٌ حَقًّا لِذِيْ السَّقَمِ
مُحَمَّدٌ مَجْمَعُ الْبَحْرَيْنْ كَمَا شَهِدُوْا * مُحَمَّدٌ جَاءَ بِالْأَنْوَارِ وَالْحِكَمِ
مُحَمَّدٌ نُوْرُهُ كَالشَّمْسِ إِذْ ظَهَرَتْ * مُحَمَّدٌ بَدْرُ تِمٍّ فِيْ دُجَى الظُّلَمِ
مُحَمَّدٌ وَاصِلٌ حَقًّا يُسَمَّى بِهِ * مُحَمَّدٌ وَفِيٌّ لِلْعَهْدِ وَالذِّمَمِ
مُحَمَّدٌ هَادِيْ كُلِّ الْخَلْقِ وَالثَّقَلَيْنْ * مُحَمَّدٌ مُفْرِجُ الْكُرْبَةِ وَالنِّقَمِ
مُحَمَّدٌ يَوْمَ بَعْثِ النَّاسِ شَافِعُنَا * مُحَمَّدٌ نُوْرُهُ الْهَادِيْ مِنَ الظُّلَمِ
***
مَوْلَايَ صَلِّ وَسَلِّمْ دَائِمًا أَبَدًا * عَلَى حَبِيْبِكَ خَيْرِ الْخَلْقِ كُلِّهِمِ
هُوَ الْحَبِيْبُ الَّذِيْ تُرْجَى شَفَاعَتُهُ * لِكُلِّ هَوْلٍ مِنَ الْأَهْوَالِ مُقْتَحِمِ
يَا رَبِّ بِالْمُصْطَفَى بَلِّغْ مَقَاصِدَنَا * وَاغْفِرْ لَنَا مَا مَضَى يَا وَاسِعَ الْكَرَمِ
مَوْلَايَ صَلِّ وَسَلِّمْ دَائِمًا أَبَدًا * عَلَى النَّبِيِّ وَأَهْلِ الْبَيْتِ
كُلِّهِمِ.
Demikian, kata “Barbar” bukan berarti biadab dan brutal. Barbar adalah suku-bangsa Afrika yang memiliki kebudayaan tinggi dan menerima sinaran cahaya Islam.
Ditulis dari beberapa sumber.